banner 728x90

Festival Karawitan Pelajar 2016

IMG_2736

Dalam rangka memeriahkan acara HUT Kabupaten Wonogiri ke-275, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Wonogiri mengadakan Program Tahunan yaitu Festifal Karawitan Pelajar Kabupaten Wonogiri Tahun 2016. Progam Tahunan ini memiliki 2 acara penting yaitu Workshop dan Festival yang diikuti oleh Group Karawitan Pelajar (SMP/MTs, SMA/SMK) se Kabupaten Wonogiri.

Workshop dilaksanakan pada Rabu, 24 Februari 2016 yang bertempat di Gedung Somo Ulun Taman Rekreasi Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur ,dan Festifal dilaksanakan pada Rabu, 18 Mei 2016 yang bertempat diPendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri.

Festifal Karawitan ini dinilai dari kriteria yang sudah ditentukan oleh juri dan panitia yaitu dari segi Wirama, Rempeg, Rampak, Garap, Batas Waktu yang ditentukan dan Tingkat Kesulitan materi yang dipersembahkan. Tetapi Kriteria penilaian selain menempatkan skill menabuh gamelan dan kepatuhan terhadap konvensi tradisi, sebagai poin utama penilaian, juga tidak menutup kemungkinan penekanan penilaian dari sisi Inovasi garap karawitan sesuai perspektif selera zaman sekarang. Setiap Peserta Festifal Karawitan diWajibkan membawakan 1 materi Gendhing pilihan wajib dengan jalannya sajian 2 lagu/gerongan dan diteruskan menyajikan materi pilihan sampai selesai.

Dalam Penilaian Festifal Karawitan ini Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan olahraga mengundang juri yang sudah ahli dalam bidangnya yaitu Prasadiyantoro, S.kar .M.A (ISI Surakarta), Suyoto, S.kar. M.Hum. (ISI Surakarta), dan Rusdi Yuntoro, S.kar M.sc (ISI Surakarta). Festifal Karawitan ini juga dimeriahkan oleh Pengrawit Warga Asing.

Untuk memotifasi dan menambah semangat para peserta Panitia telah menyiapkan Penghargaan yang akan diberikan kepada 6 grup Karawitan dengan penampilan terbaik tanpa jenjang yang ditentukan Dewan juri dan akan mendapatkan Trophy, Piagam Penghargaan dari Bupati Wonogiri serta uang pembinaan dengan total hadiah Rp 9.000.000,-

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan