banner 728x90

Peringatan HUT RI ke 70 Kecamatan Tirtomoyo

IMG_20150808_153806

Sabtu, 8 Agustus 2015 bertempat di pendopo kecamatan Tirtomoyo digelar lomba membatik. Lomba ini diadakan untuk memperingati HUT RI ke 70. Kategori lomba adalah Lomba membatik untuk siswa SD- SMP dan Lomba desain batik untuk SMA dan umum.

Lomba dibuka oleh Camat Tirtomoyo, Joko Prihartanto.” Selain untuk memperingati HUT RI lomba ini juga untuk meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air, karena batik adalah salah satu budaya warisan nenek moyang kita. Selain itu juga untuk melihat kreativitas dan ketrampilan siswa SD,SMP, SMA dan warga di Kecamatan Tirtomoyo ini, kami berharap kegiatan ini menjadi agenda tahunan dan bisa terus ditingkatkan”ungkap Camat Tirtomoyo dalam sambutanya.IMG_20150808_153809

Antusias para peserta bersama guru pendamping sangat luar biasa. Juri dalam lomba ini adalah pengrajin batik Tirtomoyo seperti Aris (kartika batik), Ika ( Indriyani batik), dan Sumiyem.

Juara membatik SD/ MI dimenangkan oleh juara pertama MI Bedingin Tirtomoyo, juara kedua SDN 1 Hargantoro Tirtomoyo juara tiga SDN 3 Sendang Mulyo Tirtomoyo.

Untuk tingkat SLTP, juara pertama diraih oleh MTS Al Ma arif I, juara kedua SMPN 1 Tirtomoyo, dan juara ketiga SMPN 2 Tirtomoyo.

Untuk lomba desain batik, juara pertama oleh MA Gani Tirtosari, juara kedua Desa BanyakProdo dan juara ketiga desa Ngarjosari. Untuk juara harapan pertama oleh Desa Sukoharjo, juara kedua Desa Hargosari, dan juara ketiga oleh SNK Sultan Agung.

“Semoga menjadi awal yang baik karena saat ini membatik sudah mulai punah. Mari kita tumbuhkan kembali mulai dari anak-anak. Kita lihat orang luar negeri sudah beramai-ramai belajar membatik seperti negeri Jepang. Jangan sampai batik yang merupakan kebudayaan kita dibiarkan punah begitu saja. Apalagi aneh rasanya apabila orang dari luar bisa membatik sedangkan kita tidak bisa. Oleh karena itu mari belajar membatik lagi. Wonogiti juga centra batik, agar batik Wonogiri juga bisa dikenal di luar sana”, terang Aris kartika Batik Tirtomoyo. (Gglink-Rin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan