banner 728x90

Peringati HBT ke 65, Kementrian Desa Wayangan

12366913_1001125573302931_310147404_n
Dalam rangka memperingati Hari Bakti Transmigrasi (HBT) ke 65. Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengadakan pagelaran wayang kulit di halaman kantor Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi jalan TMP. Kalibata No.17 Kalibata Jakarta Selatan, Jumat 11 Desember 2015.
Pentas wayang kulit dengan dhalang Ki Gunadi ,lakon “Babad Alas Wanamarta” (Pengembangan Kawasan Hutan untuk Pemukiman Trasmigrasi Demi Kemakmuran Rakyat) dilaksanakan sebagai salah satu bentuk sosialisasi program transmigrasi bagi masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan animo masyarakat untuk berpartisipasi dalam program transmigrasi.
Belakangan ini terkesan di masyarakat, bahwa program transmigrasi yang telah dilaksanakan hanya merupakan pemindahan penduduk dari kota ke desa. Masyarakat yang dipindahkan sebagai transmigran, juga terkesan hanya terdiri dari para transmigran yang sudah berusia lanjut dan berkemampuan terbatas. Pada akhirnya program transmigrasi kurang populer untuk penduduk kalangan muda, karena dianggap hanya akan menjadi petani konvensional yang hidup terbatas di pedesaan.
Oleh karena itu untuk menarik animo masyarakat dan memberikan informasi paradigma baru program transmigrasi, diadakan kesenian pagelaran wayang kulit ini. Transmigrasi merupakan salah satu jalan untuk memperoleh peluang berusaha, yaitu untuk menjadi wirausaha dengan menggali dan mengelola potensi sumberdaya di daerah kawasan transmigrasi.12375608_1001125499969605_279838948_o Pagelaran wayang ini diharapkan dapat membawa pesan dan inspirasi “wewayangan atau gambaran” tentang perjuangan transmigran untuk meraih kesejahteraan.
“Semoga acara pagelaran wayang kulit ini dapat meningkatakan pemahaman yang baru dan relevan serta menarik minat masyarakat terhadap program transmigrasi “, ungkap Marwan Jafar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.
Acara juga dimeriahkan oleh Gogon, Novi KDI, Marwoto, Wainten, Yati Hapsari dan disiarkan langsung melalui www.tvlink.co.id dan www.radiogglink.com. (Rin)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan