banner 728x90

WMTB & Rumah Baca Sang Petualang untuk Wonogiri Pintar

IMG_20151001_152010

Minimnya keinginan membaca masyarakat Wonogiri menginspirasi pemuda asal Tlogobandung, Tirtosuoro, Giriwoyo. Wahyudi yang akrab di panggil Yudi berjuang untuk membuat lingkungannya menjadi lebih pintar dengan membaca.

Yudi membuat rumah baca “Sang Petualang”  di  RT 01, RW 05 Tlogobandung, Tirtosuoro, Giriwoyo. Bukan hal yang mudah untuknya mendapatkan buku-buku seperti yang ada sekarang ini. Yudi setiap gajian selalu menyisihkan uang untuk membeli buku, tak hanya itu dia juga bekerjasama dengan masyarakat perantauan yang peduli dengan Wonogiri.

Konsep outdoor menjadi pilihan Yudi untuk rumah bacanya. Sang Petualang diambil dari konsep itu juga, dan diambil dari lagu Iwan Fals karena memang Yudi adalah OI .

Sampai saat ini pemerintah dan dinas terkait belum menyentuh rumah baca sang petualang.

Setiap harinya duapuluh anak membaca di rumah baca. Tak hanya anak-anak, para remaja dan orang dewasa juga banyak yang datang untuk membaca. Bahkan hari Minggu para pengunjung biasanya datang lebih pagi. Rumah baca di kawasan tandus ini resmi berdiri pada 23 Juli 2015.

“Kami ingin menumbuhkan minat dan budaya membaca dikalangan anak-anak,agar mereka cerdas, ceria dan kreatif,” ungkap Yudi di Radio GGLink (Kamis, 1 Oktober 2015 ).

“WMTB sangat mensupport rumah baca ini, bahkan WMTB akan mengagendakan kegiatan di  rumah baca liburan mendatang. Rumah baca Sang Petualang berkonsep pada alam sama seperti WMTB,  Alam menyediakan kita  yang menikmati, sama seperti WMTB yang selalu bersinergi dengan alam”, tutur Anto Wijaya ketua harian Wonogiri Mountain Bike di studio GGLink.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan