banner 728x90

Pasar Doplang Pasar Kuliner Unik Slogohimo

IMG_20190113_072454

Slogohimo- Kecamatan Slogohimo, Kabupaten Wonogiri memiliki Pasar yang unik dan menarik. Pasar Doplang, Desa Pandan yang buka setiap Minggu menjadi tujuan berbelanja para pengunjung di Minggu pagi. Pasar ini terletak di area Dusun Kembar, Desa Pandan, Slogohimo, Wonogiri. Walaupun terletak di Slogohimo namun pengunjung pasar ini berasal dari berbagai Kecamatan di Wonogiri seperti Ngadirojo, Purwantoro, Jatirsono dan sekitarnya.

Pasar Doplang sangat menarik karena dikemas dengan nuansa tradisional, para pedagang menjajakan dagangan mereka yang berupa jajanan pasar tradisional, dan juga handicraft buah karya warga setempat.

IMG_20190113_073839

Pembeli di pasar ini harus menukarkan uang rupiah mereka dengan koin yang sudah disediakan oleh pengelola pasar, koin tersebut memiliki harga sesuai nominal rupiah yang kita tukarkan. Pembeli menggunakan koin tersebut untuk membeli dagangan para penjual. Tak hanya koin yang membuat warga berbondong-bondong berbelanja di pasar ini tapi dari kemasanpun diterapkan aturan harus menggunakan dedaunan baik daun jati, atau daun pisang, dan para penjual tidak diperbolehkan menggunakan plastik untuk membungkus makanan yang mereka jual. Konsep tanpa plastik ini juga merupakan upaya untuk mengurangi penggunaan plastik.

IMG_20190113_072509

Konsep tradisional yang diterapkan ini adalah buah pikiran dari seorang Ketua Dasawisma bernama Lilis, perempuan yang merupakan pengawas di Disdik Korwil Bulukerto ini ingin memberikan manfaat kepada warga setempat.

“Awalipun radi angel, nanging saget kalampahan kanthi sae, kula namung pengen para warga saget seneng, saget berkreasi, lan saget nambahi ekonomi para warga. Kula rintis kalian ibu-ibu dawis sekedik-sekedik, menika wonten 2 Dawis ingkang terlibat Dawis Mawar lan Dawis Melati, mboten namung memberdayakan dasa wisma, nanging ugi kerja bareng kalian rencang-rencang Karang taruna” tutur Ibu Lilis Ketua Dasa Wisma dalam bahasa Jawa karena dalam transaksi jual beli diharuskan menggunakan bahasa Jawa.

Bambang Setyawan mewakili Karang Taruna setempat  mengungkapkan bahwa pasar ini pertama kali dibuka pada 16 Desember 2018 dan kegiatan jual beli dimulai pada pukul 06.00 Р09.00 WIB, nantinya akan ada perluasan wilayah Pasar Doplang, dan ke depan akan ada kegiatan senam bersama dan juga pertunjukan kesenian daerah.

“Tempatnya unik karena berada di tengah sawah dan mejanya juga terbuat dari ranting-ranting pohon, makananya enak, murah, yang dagang juga ramah. Semoga Pasar Doplang semakin ramai penungjungnya dan makin beraneka macam jualannya” tutur Yati warga Tunggur salah satu pengunjung Pasar Doplang. (Red)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan