banner 728x90

Wonogiri Gelar Lomba Desa SeKabupaten Wonogiri

IMG-20180411-WA0023

 

Wonogiri, Bertempat di Balai Desa Sambiroto Kecamatan Pracimantoro Kabupatrn Wonogiri telah diadakannya lomba Desa se-Kabupaten Wonogiri yang dihadiri ± 200 orang. Senin (9/4).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Pracimantoro (Warsito, SIP,.MM) Kabid Pembangunan dan Pemberdayaan Lembaga Permasyarakatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa /PMD Kab. Wonogiri (Kurnia Listyarini), Kepala Desa Sambiroto (Sukatno), Kepala UPTD Puskesmas Pracimantoro 1 (dr. Dwi Cahyo Indrianto), Kepala Desa se-Kec. Pracimantoro, Polsek Pracimantoro (Ipda Nardi), Danramil 13/Pracimantoro Kapten Cba Budi Waluyo yang di wakili Serka Gunawan dan Babinsa Setempat Serka Boedi Santoso.

Kepala Desa Sambiroto Sukatno dalam sambutannya, Mengucapkan selamat datang di Desa Sambiroto kepada Camat dan tim penilai lomba Desa dan juga terima kasih karena Desa yang dipimpinya masuk dalam nominasi untuk mengikuti lomba Desa tahun ini. jelasnya

Dari 251 Desa di Kabupaten Wonogiri Desa Sambiroto masuk 5 besar yang memiliki skor tertinggi. Dengan penuh rasa bangga kami menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Kabupaten Wonogiri yang telah menetapkan Desa kami masuk dalam nominasi penilaian lomba desa di Kabupaten Wonogiri pada Tahun 2018. Tambah Sukatno

Sambutan Camat Pracimantoro (Warsito, S.IP.MM) antara lai,n mengucapkan banyak terimaksih kepada Kepala Desa Sambiroto beserta warga masyarakatnya, karena Desa Sambiroto masuk 5 besar dari 251 Desa di kabupaten Wonogiri sehingga bisa maju dalam lomba.

Lima Desa yang memiliki skor tertinggi, yaitu Desa Gemantar Kecamatan Selogiri, Desa Sambiroto Kecamatan Pracimantoro, Desa Lemahbang Kecamatan Kismantoro, Desa Sumberejo Kecamatan Batuwarno, dan Desa Hargantoro Kecamatan Tirtomoyo yang berada di wilayah Kabupaten Wonogiri.

Jumlah penduduk Desa Sambiroto ± 3 367 jiwa dengan luas 607,7 Ha, 8 Dusun, 11 Rt dan 29 Rw, dan Desa Sambiroto masuk dalam 5 besar semoga Desa yang lain dapat masuk dalam lomba juga. Tutur warsito

Kabid Pembangunan dan Pemberdayaan Lembaga Permasyarakatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa /PMD Kab. Wonogiri (Kurnia Listyarini) dalam sambutannya menyampaikan bahwa Perda Nomor 5 Tahun 2008 mendasari diadakannya lomba Desa di Kabupaten Wonogiri. Kali ini, mekanisme penilaian lomba dibuat simple, melaui pengisian kuesioner dan pertimbangan prestasi desa yang pernah diraih; maka tim kecamatan yang dikoordinir oleh camat, mengambil skor tertinggi. paparnya

Selain pertimbangan prestasi, penilaian lomba desa juga menakar tingkat keberhasilan desa dalam pengelolaan berbagai kegiatan di sembilan bidang. Beberapa indikator dalam penilaian, diantaranya terkait pemerintahan, kesehatan masyarakat, pendidikan, ekonomi masyarakat, pemberdayaan, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

Partisipasi masyarakat dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), menjadi salah satu indikator penilaian lomba desa di Kabupaten Wonogiri Tahun 2018; dan Tim Penilai berasal dari SKPD yang mumpuni di bidang pemerintahan, kesehatan, pendidikan, ekonomi, pemberdayaan, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, dan pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).(Red/ Pendim)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan