banner 728x90

Peringati Hari Wayang Sedunia PJT Gelar Pentas Pandawa Makarti

IMG-20180305-WA0010

Jakarta- Dalam rangka memperingati hari wayang sedunia yang jatuh pada 21 Maret Paguyuban Jawa Tengah / PJT Pada Sabtu 3 Maret 2018 di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah  menggelar Pementasan wayang orang bertajuk Pandawa Makarti.

Lakon Pandawa Makarti mungkin belum pernah disebut dalam kamus Pakeliran. Lakon tersebut adalah cuplikan dari lakon besar Maha Bharata.

Lakon ini mengisahkan epik pada detik-detik berakhirnya masa hukuman 13 tahun bagi Pandawa di Wirata, sebuah kerajaan kecil tempat dimana kelima putra pandu dan istrinya bersembunyi untuk menghabiskan sisa hukuman yang dijatuhkan oleh para kurawa.

Pergulatan Hastina dan Pandawa selalu mempresentasikan benturan antara hitam dan putih, antara ketidakadilan dan kebenaran antara kejahatan dan kebajikan. Dan pesan terakhir bahwa kebenaran akan selalu berpihak kepada yang putih, bijak dan benar.

Pentas Pandawa Makarti yang dibeber di wahana theater Anjungan Jawa Tengah mengusung sejumlah seniman wayang orang dari berbagai kelompok. Seperti, Ngesti Pandowo, Bharata ISI Surakarta dan individu seperti sekda Propinsi Jawa Tengah  yang dalam pentas ini berperan sebagai Bisma.

Lakon Pandawa Makarti dibeber hampir 2 jam penuh dan berhasil memukau penonton berkat penataan tari yang apik, karawitan yang rancag dan tata cahaya yang selaras. Turut menyaksikan pentas wayang orang ini antara lain Dubes Palestina, dan Presiden UNIMA SAMODRA SRIWIDJAYA.IMG-20180305-WA0011

Paguyuban Jawa Tengah sebagai mitra kerja kantor penghubung Jawa Tengah bertekad untuk ikut mensukseskan peringatan Hari Wayang Sedunia. Hal ini selaras dengan visi dan misi PJT Baru di bidang Pelestarian Kebudayaan.

” Keberhasilan pementasan Pandawa Makarti membuktikan kepada kita masih tingginya penghargaan masyarakat terhadap budaya lokal yang bernuansa kearfian, guyub gayeng dan toleran.  Seperti dikatakan para bijak Bestari bahwa alat perekat paling ampuh dalam mempersatukan suku bangsa dan bangsa-bangsa adalah kebudayaan” Ungkap Ketua Umum PJT Leles Sudarmanto. (Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan