banner 728x90

Desa Sumberejo Wuryantoro Laksanakan Program Pemberdayaan Masyrakat

IMG-20180103-WA0032

Wonogiri- Bertempat di aula Desa Sumberejo telah dilaksanakan kegiatan program pemberdayaan masyarakat Desa Sumberejo, Kecamatan Wuryantoro berupa ” Pelatihan Menjahit” Rabu (3/1/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Sumberejo Sulardi, S. IP, Danramil 10/Wuryantoro Kapten Inf Budi Utama yang diwakilkan babinsa Desa Sumberejo Sertu Ali Imran, Instruktur dari BLK Winarto,  SP, dan sekertaris Desa Tri Wahyuni.

Dana Desa yang dikucurkan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Desa sedikit banyak sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. Pemerintah melalui Kementrian Desa Tertinggal menghimbau agar penggunaan Dana Desa diharapkan dapat melakukan inovasi dengan melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat untuk mendorong perkembangan perekonomian di tingkat bawah.

Pemerintah Desa Sumberejo Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri mengawali untuk melakukan dengan inovasi dalam pemanfaatan Dana Desa dengan menyelenggarakan program pemberdayaan masyarakat yang didanai dari APBDesa Sumberejo Tahun Anggaran 2017.

Ditemui di kantor kerjanya, Kepala Desa Sumberejo, Sulardi, S.IP menyebutkan bahwa melalui Dana Desa Tahun Anggaran 2017 tahap kedua, dirinya beserta perangkat terkait mencoba melakukan terobosan untuk mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan menjahit.

Bekerja sama dengan UPT Balai Latihan Kerja Kabupaten Wonogiri sebanyak sepuluh orang kader PKK dari perwakilan sepuluh Dusun diberikan bekal ketrampilan menjahit. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Desa Sumberejo.

Winarto, SP selaku instruktur dari BLK menyampaikan ada 120 jam materi pembelajaran yang harus diikuti oleh kesepuluh peserta, baik itu materi kelas maupun materi praktek. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Disebutkan pula ini adalah kali pertama Beliau melaksanakan kegiatan pelatihan yang didanai langsung melalui APBDesa.

Tri Wahyuni, Sekdes Sumberejo selaku koordinator pelaksana menambahkan ke depan akan disusul dnegan kegiatan pemberdayaan yang lain.

Untuk Tahun Anggaran 2018 direncanakan untuk kegiatan pelatihan pengolahan ikan, mengingat Desa Sumberejo juga memiliki potensi ikan dari Waduk Gajah Mungkur.

Kegiatan semacam ini diharapkan dapat mendorong peningkatan perekonomian masyarakat. Ini Sudah menjadi komitmen bagi pemerintah Desa Sumberejo untuk selalu menganggarkan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat melalui APBDesa.(Red/Pendim 0728)

 

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan