banner 728x90

Wonogiri Deklarasikan STOP BABS

IMG-20171115-WA0044

Wonogiri – Bertempat di pendopo rumah dinas bupati Wonogiri Selasa 14 November 2017 telah berlangsung acara deklarasi stop buang air besar sembarangan dan gerakan masyarakat hidup sehat Kabupaten Wonogiri 2017.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Wonogiri, Kepala Sub Direktorat Kesehatan RI, Kabid Kesehatan masyarakat Dinkes Prop. Jateng, jajaran forkopimda Wonogiri dan Camat seWonogiri.

” Pemerintah Indonesia telah mencanangkan bahwa target tahun 2019 Indonesia sudah harus mencapai sanitasi total untuk seluruh masyarakat, sebagaimana tercantum dalam rencana pembangunan jangka panjang nasional. Strategi baru pemerintah yang dirancang untuk tujuan tersebut adalah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang diluncurkan pada 2008. Tantangan yang dhiadapi Indonesia terkait pembangunan kesehatan, khususnya bidang higiene dan sanitasi masih sangat besar” ungkap dr. Sri Purwani Budi Harsono. IMG-20171115-WA0043

Menurut Bupati Wonogiri pemkab Wonogiri sangat intens terhadap upaya pemenuhan akses sanitasi dasar yang layak dengan perencanaan dan penyusunan strategi yang baik.

Desa Pule Selogiri Kecamatan Sleogiri merupakandesa pertama Kab. Wonogiri yang mendeklarasikan STOP BABS. Kemudian Kec. Puhpelem merupakan Kecamatan yang telah mencapai status Kecamatan  STOP BABS pertama kali di Wonogiri pada tahun 2012. akhirnya dari 294 Desa/ kelurahan dan 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri mencapai status STOP BABS pada 10 Oktober 2017. Hasil lain yang yang dicapai adalahKepala Desa Bulusulur kecamatan Wonogiri Bapak Dwi Prasetyo terpilih menjadi Duta Sanitasi terbaik tingkat Prop Jateng tahun 2017.

Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 dengan tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”tak hanya itu dalam acara ini juga dicanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Acara diakhiri dengan penyerahan penghargaan dan hadiah hasil kejuaraan lomba dalam rangka HKN ke 53 tahun 2017. (Red)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan